Monorel Makkah-Armina Siap Beroperasi Tahun Ini

Jenis Kereta Monorel
Alhamdulillah, jama’ah haji pada tahun ini sudah bisa menikmati layanan transportasi kereta metro monorel (Qithar Almasyair)  yang pada tahap pertamanya akan menghubungkan Arafat dan Muzdalifah (South-East Lilne) . Pemerintah Arab Saudi telah menyelesaikan tahap pertama jalur kereta metro yang mampu mengangkut penumpang sejumlah 70.000 jamaah dalam satu kali perjalanan. Dengan kapasitas sekitar 35% dari kapasitas totalnya sebesar 180.000 – 200.000 jamaah yang akan siap pada tahun depan tersebut maka layanan monorel tahun ini hanya akan dikhususkan kepada jemaah asal Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya.


Stasiun Monorel

Monorel ini tergolong proyek transportasi besar yang dilakukan pemerintah Arab Saudi yang menunjukkan komitmen tingginya terhadap pelayanan jamaah haji. Bekerjasama dengan Perancis dan Cina , Proyek monorel ini akan memiliki  sembilan stasiun kereta api antara Mekkah, Arafat, Mina dan Muzdalifa, setiap 300 meter panjang. Salah satu stasiun akan terletak dekat Jembatan Jamarat di Mina di mana ritual lempar jumrah akan. Para jamaah  akan dapat langsung mengakses ke stasiun melalui jembatan di lantai empat. Setiap kereta akan memiliki 12 kompartemen besar yang masing-masing panjangnya 23 meter dan lebar 3 meter.


Rute Monorel Arafah-Muzadalifah- Mina-Makkah

Inisiatif untuk membangun jalur kereta api ini digagas pada tahun 2007 lalu dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dari dan ke kota Makkah serta tempat-tempat suci lainnya di kota Makkah selama musim haji dan diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan dan desak-desakan para jama’ah haji yang kadang menimbulkan korban jiwa. Arab Saudi mengalokasikan anggaran sebesar 7 milyar Riyal untuk membangun proyek jalur kereta api pertama itu.  Dengan adanya jalur kereta metro ini, maka Arab Saudi menjadi negara Teluk kedua yang memiliki sistem transportasi kereta metro setelah Dubai.
Subhanallah semakin mudah saja transportasi bagi Anda yang beruntung terpilih menjadi Duyufurrahman (tamu Allah). Semoga fasilitas ini dapat menambah semangat bagi Anda untuk tahun ini atau tahun depan berangkat ibadah haji . Tunggu apa lagi ? Silahkan mendaftar di  Armina Tour 

0 komentar:

Posting Komentar

  ::: ArminaUtama - Divisi Perwakilan Indonesia © 2011 - All Right reserved :::